Mempersiapkan Calon Guru yang Adaptif, PAI UMY adakan Kuliah Umum bertemakan Manajemen Pendidikan di Society 5.0

 


Yogyakarta, Program Studi Pendidikan Agama Islam UMY berkolaborasi dengan HIMA PAI UMY melaksanakan kegiatan Kuliah Umum dengan judul “Revitalisasi Manajemen Pendidikan di Era Masyarakat 5.0” yang dilaksanakan di Ruang Sidang Utama gedung AR Fakhrudin A lantai 5 pada Sabtu (30/12/2023) pukul 09.00 hingga pukul 11.40 WIB.

Kuliah umum kali ini menghadirkan bapak Prof. Dr. Muhammad Munadi, M.Pd. yang merupakan guru besar UIN Raden Mas Said Surakarta dan dihadiri sekitar 59 peserta yang terdidi dari mahasiswa PAI angkatan 2021 -  2023.

Ketua Program Studi PAI UMY bapak Dr. Muh. Samsudin, S.Ag., M.Pd. menyampaikan bahwa manajemen itu merupakan sesuatu yang dibutuhkan ketika ingin mewujudkan yang diimpikan sehingga pendidikan yang tidak diikuti manajemen maka ide dan gagasan baik dari pendidik ataupun dari regulator (DPR maupun pemerintah) sulit akan diwujudkan bersama-sama.

Kuliah umum kali ini membahas tentang Society 5.0,  OECD Learning Compass 2030 dan Konsekuensi dari Society 5.0 dan OECD Learning Compass 2023 dalam Manajemen Pendidikan. Pak Munadi menjelaskan bahwa kehidupan bermasyarakat berubah ketika memasuki era information society 4.0 ketika semua akses informasi bisa didapat dengan mudah hanya melalui smartphone dan era Society 5.0 membawa kemudahan bagi umat manusia melalui adanya Artificial Intelligence (AI) yang rilis pada 30 November 2022 yang lalu.

Dan diakhir sesi penyampaian materi, pak Munadi menyampaikan beberapa tantangan manajemen pendidikan yakni : (1) kurikulum yang berlebihan (overload), (2) bergantinya setiap Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) yang juga bergantinya kurikulum yang mengakibatkan belum meratanya pelaksanaan kurikulum sebelumnya di seluruh Indonesia, dan (3) mayoritas guru senior yang menolak inovasi dalam dunia pendidikan dalam hal mengajar.

Penulis : M. Fadhil Raihan Iryandi (ketua divisi IPK HIMA PAI UMY)

Posting Komentar

0 Komentar